Belajar PHP yu…!!

Hallo fren… Di bagian artikel ini saya coba mau publishkan programming khususnya PHP. Artikel ini hanya mempublikasi tahapan-tahapan penguasaan pemrograman PHP yang sudah saya pelajari dan mungkin ini dapat membuat kamu lebih mengerti khususnya untuk tingkat awam (bgt lho… :D).

Pertama kenalan dulu sama PHP. Tak kenal PHP maka sayag sekli. PHP adalah sebuah bahasa skripting yang berbasiskan server untuk menciptakan website yang interaktif dan dinamis. PHP sudah merajalela, dan gratis. PHP cocok banget buat pengembangan Web dan dapat dimasukkan secara langsung ke dalam kode HTML. PHP is perfectly suited for Web development and can be embedded directly into the HTML code.

Syntax PHP sangat mirip dengan Perl dan C (katanya… lom pernah nyoba Perl dan C sih…). PHP lazimnya digunakan bersamaan dengan Apahce (sebagai webserver) di berbagai sistem operasi yang berbeda-beda. PHP juga mendukung ISAPI(Internet Server Application Programming Interface/ web servernya microsoft) dan dapat pula digunakan dengan IIS( Internet Information Service) Microsoft di windows.

Sebuah file PHP bisa berupa teks, Tag-tag HTML, dan skrip-skrip.

PHP?

  1. PHP kependekan dari PHP: Hypertext Possessor
  2. Bahasa skripting yang berbasis server
  3. Skrip PHP dieksekusi pada server
  4. PHP mendukung banyak data base misalnya, MySQL, Sybase, Solid, Oracle, ODBC, etc.
  5. PHP termasuk sebuah Software Open Source
  6. Gratis dan banyak digunakan.

MySQL?

  1. Server Database.
  2. MySQL cocok untuk aplikasi baik besar maupun kecil.
  3. MysQL mendukung standar SQL.
  4. MySQL kompile di sejumlah patform.
  5. MySQL gratis didonwload dan digunakan.

Untuk memulainya kita membutuhkan 3 komponen. Satu selain dari 2 komponen itu (PHP & MySQL) ialah Webserver. Webserver berfungsi untuk pengolah untuk PHP dan MySQL sehingga bisa ditmpilkan di Web browser dan sebaliknya, memasukkan data dari web ke MySQL. Adanya input out put di web tersebut medandakan bahwa web itu bersifat dinamis. Contoh webserver: IIS (Internet Informatio Service), appache.

Nah, semakin berkembangnya kemajuan per-web-an sekarang ini semakin mudah pula untuk mendapatkan 3 komponen itu. Dulu, jika kita akan membuat personal home page dengan PHP harus menginstallnya satu persatu dari mulai PHP itu sendiri, MySQL, dan web servernya. Namun, sekarang telah banyak sekali aplikasi yang didalamny telah menyangkut 3 komponen tersebut. Misalnya, Appserv, Xampp, Wamp, Reactor, dll (dan lupa lagi…)

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *